Libur Lebaran 2024, XL Axiata Catat Kenaikan Trafik Penggunaan Data di Jawa Barat

GenPI.co – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat peningkatan trafik penggunaan data sepanjang masa libur Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H di Jawa Barat.

Data dari Customer Experience & Service Operation Center yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta, menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data secara rata-rata di seluruh Jawa Barat sebesar 13% dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan.

Lonjakan trafik tertinggi terjadi di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, yaitu mencapai 44%.

Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dan berlibur merayakan Lebaran.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan pihaknya sudah jauh-jauh hari melakukan menyiapkan jaringan dari semua aspek, termasuk berbagai langkah antisipasi yang diperlukan.

Tim jaringan, termasuk yang di lapangan, juga bersiaga full time selama masa krusial agar bisa segera bergerak jika ada problem.

Seperti yang sudah diprediksi, pada masa liburan kali ini, terjadi kenaikan trafik data yang cukup signifikan, di mana akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan.

“Kenaikan trafik secara keseluruhan mencapai lebih dari 16%. Kami juga bisa melihat data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis,” ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (21/4/2024).

Sementara itu, Group Head Central Region XL Axiata, Arif Farhan Budiyanto mengatakan kenaikan trafik secara rata-rata di Jawa Barat ini tidak terlepas dari meningkatnya mobilitas masyarakat dalam memanfaatkan liburan Lebaran.

“Sepanjang masa libur kemarin kami juga mampu menjaga kualitas jaringan. Hampir tidak ada laporan terjadinya gangguan jaringan. Kami senang bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan,” tuturnya.

Sejumlah lokasi tujuan wisata popular di Jawa Barat juga mengalami kenaikan trafik antara 24% hingga 139% seiring dengan bertambah ramainya pengunjung di sepanjang libur Lebaran.

Demikian pula di sejumlah bandar udara dan pelabuhan kapal laut, juga mengalami kenaikan antara 10% hingga 18%.

Kenaikan trafik juga terjadi sepanjang Tol Trans Jawa yang telah menjangkau sejumlah kota, yaitu secara rata-rata mengalami kenaikan trafik hingga 44%. (*)

Video viral hari ini:
https://ouo.io/3aDfzz

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started