Terdampak Banjir Lahir Dingin Gunung Semeru, PLN Perbaiki Jaringan Lisrik yang Rusak

GenPI.co – PLN memperbaiki jaringan listrik yang rusak lantaran terdampak banjir lahar dingin Gunung Semeru dan longsor di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Team Leader Pemeliharaan PLN UP3 Jember Buyung Marthinus mengatakan banjir lahar dingin Gunung Semeru yang terjadi pada Kamis (18/4) menyebabkan kerusakan sejumlah fasilitas umum.

“Ada 4 tiang listrik yang roboh akibat diterjang banjir dan longsor. Kami telah melakukan proses perbaikan dengan menambah jumlah tiang listrik,” kata dia, dikutip Senin (22/4).

Buyung menjelaskan perbaikan jaringan listrik ini PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Tempeh dan Lumajang dibantu tim PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Jember.

Jaringan listrik yang terdampak banjir lahar dingin Gunung Semeru dan longsor, salah satunya di Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro.

Buyung menyebut banjir lahar dingin yang merobohkan 4 tiang listrik ini mengakibatkan putusnya arus listrik dan listrik padam di Dusun Sumberlangsep, Desa Jugosari, dalam beberapa hari terakhir.

“Yang roboh 4 tiang, terus dipasang dengan mengubah konstruksi agar lebih handal, dipasang di atas tebing total delapan tiang, panjang 13 meter sebanyak 2 buah dan panjang sembilan meter sebanyak enam buah,” papar dia.

Di sisi lain, pihaknya memberikan bantuan genset sebanyak 2 unit dengan kapasitas 10.000 watt dan 5.500 watt untuk memenuhi kebutuhan listrik warga selama perbaikan.

“Saya berharap dengan kerja sama Tim UP3 Jember, PLN ULP Tempeh, ULP Lumajang, dan Tim vendor penanganan kelistrikan pasca-bencana bisa tertangani dengan cepat,” ungkap dia.

Dia mencontohkan di Dusun Sumberlangsep tercatat ada 107 pelanggan PLN yang terdampak banjir lahar dingin Gunung Semeru.

“Kami mengubah konstruksinya yang sebelumnya dipasang di tengah sungai sekarang dipasang antar tebing. Penanganan dimulai pada Sabtu (20/4), pemasangan dan tarik jaringan diusahakan sore ini selesai jika cuaca mendukung,” jelas dia.(ant)

Kalian wajib tonton video yang satu ini:
https://ouo.io/9m8cfN

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started