Harga Saham Tesla Melonjak, Tapi Laba Bersih Anjlok 55 Persen

GenPI.co – Laba bersih kuartal pertama Tesla anjlok 55%, namun harga sahamnya melonjak pada perdagangan setelah jam kerja pada hari Selasa karena perusahaan mengatakan akan mempercepat produksi kendaraan baru yang lebih terjangkau.

Dilansir AP News, perusahaan di Austin, Texas, mengatakan pihaknya menghasilkan USD 1,13 miliar dari Januari hingga Maret dibandingkan dengan USD 2,51 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Investor dan analis sedang mencari tanda bahwa Tesla akan mengambil langkah-langkah untuk membendung penurunan sahamnya tahun ini dan meningkatkan penjualan.

Perusahaan tersebut menyatakan hal tersebut dalam suratnya kepada investor pada hari Selasa, yang mengatakan bahwa produksi model yang lebih kecil dan lebih terjangkau akan dimulai lebih awal dari panduan sebelumnya.

Model yang lebih kecil, yang tampaknya termasuk mobil kecil Model 2 yang diperkirakan berharga sekitar USD 25.000, akan menggunakan fondasi kendaraan generasi baru dan beberapa fitur dari model saat ini.

Perusahaan mengatakan akan dibangun di jalur manufaktur yang sama dengan produknya saat ini. 

Dalam panggilan konferensi dengan para analis, CEO Elon Musk mengatakan dia memperkirakan produksi akan dimulai pada paruh kedua tahun depan “jika tidak akhir tahun ini.”

Pabrik baru atau jalur produksi besar-besaran tidak diperlukan untuk kendaraan baru, kata Musk.

“Pembaruan ini mungkin menghasilkan pengurangan biaya yang lebih sedikit dari perkiraan sebelumnya, namun memungkinkan kami untuk meningkatkan volume kendaraan secara hati-hati dengan cara belanja modal yang lebih efisien selama masa-masa yang tidak menentu,” demikian isi surat investor tersebut.

Namun Musk tidak memberikan rincian spesifik mengenai jenis kendaraan baru tersebut dan apakah itu akan menjadi varian dari model yang ada saat ini. “Saya pikir kami sudah mengatakan semua yang kami inginkan mengenai hal itu,” katanya kepada seorang analis.

Dia mengatakan bahwa dia memperkirakan Tesla akan menjual lebih banyak kendaraan tahun ini dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 1,8 juta.

Perusahaan juga tampaknya mengandalkan kendaraan yang dibuat menjadi robotaxi yang sepenuhnya otonom sebagai katalis untuk pertumbuhan pendapatan di masa depan. Musk mengatakan robotaxi akan diluncurkan pada 8 Agustus.

Saham Tesla naik 11% dalam perdagangan setelah penutupan hari Selasa, tetapi turun lebih dari 40% tahun ini. Indeks S&P 500 naik sekitar 5% untuk tahun ini. (*)

Tonton Video viral berikut:
https://ouo.io/9sRuIX

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started